5 Jenis Luka dan Penanganannya

Topibsdiet.Com – 5 Jenis Luka dan Penanganannya, 5 Jenis Luka dan Penanganannya

5 Jenis Luka dan Penanganannya

Luka merupakan kondisi terkoyaknya jaringan kulit karena terkena benda atau situasi tertentu. Hampir setiap orang pernah terluka, ringan atau parah luka perlu untuk di rawat agar sembuh dan kembali seperti sedia kala.

Jenis dan Perawatan Luka
1.Luka Lecet
Luka lecet biasanya disebabkan karena terjatuh dan bersinggungan dengan permukaan yang kasar atau keras, luka lecet sering terjadi pada anak-anak terutama anak yang aktif, tengah belajar merangkak, berjalan, dan beraktivitas kian kemari. Luka lecet hanya berada di permukaan kulit yang bisa saja menjadikan kulit lecet dan mengeluarkan darah namun dalam jumlah yang sedikit dan lekas mengering.
Penanganan
Luka lecet bisa dirawat sendiri dengan mencucinya terlebih dahulu. Pencucuian bisa menggunakan air mengalir atau dengan alkohol 70%. Setelah luka bersih maka kemduaian diberikan antiseptik tanpa perlu dibungkus atau diperban agar luka cepat mengering.
2.Luka Sobek
Luka sobek biasanya disebabkan karena singgungan dengan benda tajam semacam pisau, selet, pemes, dan sejenisnya. Luka sobek bisa mengenai permukaan kulit atau bisa juga sampai agak masuk kelapisan kulit berikutnya. Luka ini mengeluarkan darah yang lebih banyak dari luka lecet dan lebih membutuhkan waktu agak lama pada proses pengeringan dan penyembuhannya.
Penanganan
Luka sobek bisa dirawat sendiri jika tergolong ringan, permukaan sobek tidak lebar, dan tidak banyak mengeluarkan darah. Jika permukaan sobeknya lebar maka luka perlu dijahit dan di bawa ke dokter atau tenaga medis lainnya.
Untuk perawatan sendiri, prinsipinya sama halnya seperti luka lecet. Luka sobek terlebih dahulu dicuci dengan air mengalir atau alkohol 70% kemudian baru dikeringkan dan dibubuhkan antiseptik dan dibalut agar luka cepat mengering dan kulit kembali tersambung.
3.Luka Tusuk
Luka tusuk biasanya disebabkan oleh benda-benda berujung runcing, seperti jarum, tusuk sate, dan sejenisnya. Luka tusuk menyebabkan permukaan kulit sampai ke dalamnya turut terluka, meskipun luka cukup sempit namun perlu diperhatikan dengan seksama.
Penanganan
Luka tusuk yang ringan bisa ditangani sendiri, tetapi luka tusuk yang berat bia di bawa ke dokter dan tenagan medis setempat. Untuk perawatan sendiri, luka bisa dibersihkan dengan alkohol 70% dengan cara dibubuhkan pada kapas. Kemudian luka dikeringkan dan dibubuhkan antiseptik. Secara berkala antiseptik diberikan sampai luka mengering dan tidak lagi terasa nyeri sampai ke dalam.
4.Luka Memar
Luka memar seringkali disebabkan oleh singgungan dengan benda tumpul. Memar yang diakibatkan benturan keras pada benda tumpul ini menyebabkan kulit memerah dan lebam. Ada luka di dalam kulit yang lebam.
Penanganan
Luka lebam bisa ditangani dengan kompres air es, untuk mengurangi rasa sakit dan bengkaknya. Apabila luka memar masih tersa nyeri di dalam maka sebaiknya bawa ke dokter untuk diberi penghilang nyeri dan tata cara perawatan luka.
5.Luka Terbuka
Luka terbuka disebabkan oleh trauma yang agak berat antara kulit dengan benda lainnya. Luka terbuka membutuhkan penaganganan segera dan sebaiknya di bawa ke IRD atau instalasi rawat darurat.
Berikut 5 jenis Luka dan Tips penanganan nya semoga bermanfaat..

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  5 Jenis Luka dan Penanganannya, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  5 Jenis Luka dan Penanganannya berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *